Selasa, 19 Juli 2016

Tips Jitu Menulis Antologi





Suka menulis puisi?
Senang membuat cerpen?
                   Bagi sebagian orang kegiatan menulis adalah hal yang menyenangkan apalagi jika memiliki banyak waktu luang. Bahkan hobi menulis bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan. Tentunya jika kita mampu mempublikasikan karya kita. Dengan menerbitkan karya kita berupa buku, cerpen, cerbung novel atau puisi maka kita akan memperoleh penghasilan dari karya tersebut.
                   Sebagian penulis ada yang lebih memilih menerbitkan karyanya dengan membuat antologi. Antologi merupakan kumpulan karya sejenis kemudian dimuat dalam satu buku. Terdapat beberapa jenis antologi diantaranya antologi cerpen atau antologi puisi. Berminat menerbitkan karya dalam bentuk antologi?
Berikut tips jitu bagi penulis untuk  menerbitkna karya hebatnya dalam sebuah antologi
1.      Menulislah dengan jelas
Penulis sebaiknya menulis dengan jelas dan menggunakan kalimat secara efektif. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak penting. Penulis sebaiknya menulis suatu tema langsung pada intinya.
2.      Menulis dengan tema yang sudah ditentukan.
Penulis harus fokus pada satu ide yang sudah ditentukan ketika awal menulis. Menentukan tema akan membantu penulis untuk lebih fokus pada tulisan sehingga tidak menulis hal-hal yang diluar tema. Memfokuskan pada satu ide akan membuat tulisan semakin kuat.
3.      Buatlah tulisan yang unik dan menarik.
Kumpulan karya yang menarik dan unik akan memberikan kesan berbeda. Antologi yang yang unik dan menarik akan membuat pembaca tidak bosan ketika membaca bahkan penerbit akan melirik antologi yang berbeda di pasaran. Penulis membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan tulisannya unik
4.     Sebuah antologi yang dituliskan penulis harus mampu membuat para pembacanya merasa puas. Ada akhir cerita yang membuat para pembaca terhibur, tertawa atau bahkan menangis. Sehingga tulisan dalam antologi mampu menghipnotis para pembacanya. Untuk mendapatkan tulisan seperti itu maka penulis harus menyelesaikan naskahnya dengan tuntas.
5.   Sisipkan sesuatu yang menginspirasi pembaca dalam tulisan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Sehingga secara tidak langsung penulis menyampaikan pesan moral kepada pembaca namun tidak menggurui.
Yuk, mulai semangat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar