Minggu, 17 Juli 2016

6 Langkah Mudah Meresensi Buku




Sering dengar tentang resensi buku?
Bahkan ada banyak lomba meresensi buku yang diselenggarakan beberapa penerbit atau komunitas penulis. Apa sih kegiatan meresensi buku itu?
            Meresensi buku adalah mengulas kembali suatu karya baik berupa buku, film ataupun karya lain. Ketika meresensi sebuah buku, seseorang akan memberikan gambaran secara objektif tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut.
            Kegiatan meresensi buku sebenarnya sudah diterapkan sejak dini. Misalnya ketika seorang guru menugaskan siswanya untuk merangkum. Meresensi buku akan membuat kita gemar mebaca, mengungkapkan gagasan juga menilai kelebihan dan kekurangan isi sebuah buku secara objektif.
            Bagaiamana cara meresensi buku?
Yuk, kita ikuti 6 langkah mudah meresensi buku!
1.      Memilih dan menentukan buku yang akan diresensi
Peresensi harus pandai memilih buku untuk dijadikan resensi. Pilihlah buku yang belum diresensi oleh orang lain, biasanya untuk buku terbitan baru.
2.      Menuliskan identitas buku
Tulislah identitas buku yang kita resensi secara lengkap. Meliputi judul buku, nama penulis, nama penerbit, nama kota dan tahun terbit juga jumlah halaman buku tersebut.
3.      Merangkum isi buku
Peresensi wajib membaca buku yang dijadikan resensi sampai tuntas. Karena peresensi harus merangkum buku tersebut. Dengan membaca secara menyeluruh perensi akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk meresensi bukunya. Rangkuman yang ditulis harus menggmbarkan keseluruhan isi buku walaupun rangkumannya pendek.
4.      Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan buku secara objektif
Peresensi tidak hanya merangkum, namun melakukan penilaian  terhadap buku tersebut. Ungkapkanlah tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut secara objektif. Juga tanggapan atau pendapat pribadi  terhadap buku tersebut
5.      Menulis resensi buku
Setelah data yang dibutuhkan lengkap peresensi mulai menuliskan resensi bukunya. Perensi mulai menggabungkan data atau informasi yang sudah diperoleh menjadi satu. Gunakanlah bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca sehingga ketika membaca resensi tersebut pembaca memperoleh informasi menyeluruh.
Jangan lupa  meminta rekan untuk membaca hasil resensi buku yang telah kita tulis. Sehingga dapat menilai hasil resensi buku kita.
Siap meresensi buku?
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar