Minggu, 19 Juni 2016

Nulis Ebook Yuk!





Mau jadi penulis?
Duuh mikir lagi deh!
Antrian di meja penerbit untuk ACC saja bisa berbulan-bulan. Itupun kalo buku yang kita tulis diterima. Kalo tidak kamu cuma gigit jari. 


                Itulah pendapat seorang teman ketika saya mengungkapkan ingin jadi penulis. Sebuah cita-cita yang mungkin jarang diungkapkan ketika masa kecil. Sebuah profesi dimana sebagian orang menganggap kurang prospek.
                Namun selama kita berusaha tak ada satu pekerjaan pun yang tidak memiliki prospek. Semanagat dan kerja keraslah yang membuat prospek itu terbuka lebar. Termasuk memilih jadi seorang penulis. Jadi bagi kamu yang bercita-cita jadi penulis buang jauh pemikiran negatif tentang suramnya masa depan penulis.
                Di era digital ini kesempatan menulis terbuka lebar. Asal kita selalu haus untuk belajar dan menjadi gelas kosong yang siap diisi beragam ilmu. Peluang mendapatkan income dari menulispun terbuka bagi mereka yang gigih mencarinya. Salah satunya adalah dengan menulis ebook.
                Internet membantu para penulis bahkan penulis pemula untuk menerbitkan bukunya secara digital. Ebook membantu meningkatkan karier penulis dengan menerbitkan bukunya tanpa melalui penerbit. Membuatnya pun tidak sesulit yang dibayangkan apalagi sekarang ada perangkat ebook reader. Hal ini menunjukkan minat yang tinggi dari masyarakat terhadap buku digital
Yuk, mulai menulis ebook!
1.       Pilihlah tema yang menarik dan spesifik.
Tema-tema inilah yang dibutuhkan oleh pembaca. Topik yang spesifik misalnya tentang “Diet sehat untuk penderita diabetes” atau hal yang menarik lainnya.
2.       Fokus pada topik pembahasan
Hidup itu harus konsisten lho!
Apalagi dalam menulis. Jika kita akan menulis topik tentang resep masakan konsisten menulis tema tersebut hingga akhir. Jangan sampai melenceng atau berubah haluan membahas hal lain ketika di tengah atau di akhir pembahasan.
3.       Buatlah kerangka tulisan
Menulis ebook sama seperti kita menulis buku pada umumnya. Untuk menjaga agar tetap fokus maka kita harus membuat kerangka tulisan sehingga kita memiliki alur dan langkah yang jelas ketika menulis.
Siap menulis ebook?
Sekarang saatnya berkarya dengan membuat buku digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar